Mengenal Berbagai Persiapan Dasar dan Alat Merajut

Jika Anda sudah siap untuk belajar merajut, maka pastinya Anda juga harus membuat persiapan merajut seperti menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda yang tidak bisa merajut sekalipun pastinya tahu bahwa perlengkapan yang diperlukan adalah jarum dan benang, namun tentu saja hanya sekedar tahu keduanya tidak cukup. Merajut memerlukan benang dan jarum khusus serta beberapa perlengkapan lain agar kegiatan merajut lancar.
Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang merupakan persiapan merajut yang wajib Anda sediakan sebelum benar-benar mulai merajut.

Benang Rajut

Benang Rajut
Benang tentu saja menjadi perlengkapan paling penting yang harus Anda siapkan sebelum merajut. Anda boleh saja mencoba menyediakan 2 atau 3 warna benang, namun harap diperhatikan bahwa benang untuk merajut (knitting) berbeda sama sekali dengan benang untuk tusuk renda (crocheting). Pilihlah benang yang tebalnya paling tidak 3 milimeter. Tidak perlu langsung rakus menyediakan benang dari semua warna, yang penting kuasai tekniknya dulu.

Jarum Rajut bentuk Melingkar

Jarum Rajut bentuk Melingkar
Jaum merupakan persiapan merajut selanjutnya yang wajib ada. Jika biasanya jarum rajut identik dengan bentuk lurus, ternyata ada juga jarum rajut yang bentuknya melingkar. Malah, untuk pemula disarankan memiliki jarum rajut berbentuk lingkaran, dengan beberapa jenis yang memiliki panjang bagian tengah berbeda agar bisa membuat berbagai jenis ukuran rajutan. Alasan sebaiknya memiliki jarum macam ini adalah agar bisa mudah ‘bermanuver’ dalam membuat berbagai rajutan.

Jarum Rajut bentuk Lurus

Jarum Rajut bentuk Lurus
Selain jarum rajut bentuk lingkaran, tentu saja ada jarum rajut yang berbentuk lurus yang biasa Anda lihat. Jarum rajut memiliki berbagai ukuran, dan masing-masing memiliki kecocokan sendiri dalam membuat berbagai macam bentuk dan ukuran rajutan. Ada yang menggunakan standar Amerika (biasanya memakai inci) dan ada yang standar Inggris (biasanya memakai cm, tetapi bentuknya lebih tipis dari jarum Amerika). Jadi, pastikan Anda sedikit-sedikit mempelajari ukuran jarum seperti apa yang pas untuk membuat rajutan tertentu.

Alat-alat Keterampilan Lain

Alat-alat Keterampilan Lain
Untuk jaga-jaga dalam membantu persiapan merajut Anda, siapkan semua alat keterampilan dan alat tulis standar seperti gunting, pensil, penggaris dan sebagainya. Kalau penggaris dirasa kurang, Anda bahkan boleh menyiapkan meteran.

Jarum Biasa

Jarum Biasa
Walaupun Anda menggunakan jarum rajut, jarum biasa juga diperlukan sebagai persiapan merajut untuk merapikan benang saat Anda sudah selesai merajut.
Sumber gambar ;

  • http://www.grumpyknitter.com/judyscolors/rv1.jpg
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/94/Circular_knitting_needles.JPG
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b9/Knitting_needles_sizes_straight.png
  • http://www.chatelaine.com/wp-content/uploads/2013/04/Wallpaper-ruler-pencil-scissors-April-13-p201.jpg
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4d/Needles_(for_sewing).jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar