Tips Belajar Merajut untuk Pemula

Jika Anda pernah melihat orang yang bisa merajut dengan cepat dan ahli, Anda pasti kagum melihat benda-benda indah yang bisa dihasilkan orang tersebut. Jika Anda iri dan ingin menirunya, Anda tentau bisa belajar. Akan tetapi, banyak orang merasa bahwa merajut merupakan keterampilan yang sulit dikuasai, namun ini hanya separuh benar. Berikut beberapa tips belajar merajut untuk pemula yang bisa membantu Anda untuk bisa segera ahli merajut

Jarum Rajut

Pelajari Dasar-dasarnya Dulu

Agar Anda tidak merasa bahwa merajut adalah dunia ‘asing,’ pastikan Anda memelajari dulu dasar-dasarnya. Hal ini termasuk memelajari perlengkapan dasar apa saja yang harus dimiliki setiap orang yang merajut, seperti jenis-jenis jarum dan benang yang biasa dipakai (setidaknya untuk tahap pemula). Ini akan membuat Anda makin familiar dengan dunia merajut.

Mulai Dari yang Paling Dasar

Ini adalah tips belajar merajut untuk pemula yang paling dasar namun paling mudah dilupakan. Pasalnya, banyak pemula berpikir bahwa hanya karena mereka sudah mulai merajut, mereka akan bisa membuat berbagai pola dan bentuk menakjubkan yang dibuat oleh mereka yang ahli. Padahal, Anda yang pemula pastinya akan mulai dari pelajaran paling dasar dulu seperti membuat pola dasar atau bahkan hanya pita/bando simpel. Pelajaran ini fungsinya membiasakan Anda dulu dengan pola dan dasar merajut.

Santai dan Tak Terburu-buru

Merajut memerlukan ketelitian dalam hal menjalin benang-benang, jadi pastikan Anda santai dan tidak tegang. Jika perlu, lemaskan dulu jari-jemari dan tangan dengan peregangan beberapa kali, lalu merajutlah dengan pelan tetapi pasti. Jika jari Anda tegang, bukan hanya Anda akan kesulitan membuat pola yang cantik, namun jari-jari Anda akan terasa pegal dan sakit. Anda juga bisa membebaskan diri menggunakan benang warna apa saja yang Anda punya, yang beda dengan pola yang Anda tiru, agar Anda tidak merasa tertekan karena ‘harus sama.

Sabar dan Tekun Berlatih

Anda tidak bisa langsung bisa membuat berbagai rajutan rumit dalam sekejap mata, karena semuanya diawali dari proses. Jangan pernah putus asa untuk terus mencoba berbagai pola dasar, karena dari bentuk dan pola dasar tersebut, lama-lama Anda akan membentuk naluri untuk menggerakkan jari-jemari sedemikian rupa sesuai pola yang kemudian bisa dikembangkan untuk membuat benda yang lebih rumit.

Terapkan tips belajar merajut ini setiap saat agar Anda cepat bisa merajut.


Semoga Bermanfaat!
Rajut Milkan

Sumber referensi: http://belajarcaramerajut.com/panduan-merajut-untuk-pemula.html

1 komentar: